Senin, 10 Januari 2011

Kota Sejuta Reklame

Sumber gambar : kabarindonesia.com

Oleh : Benidiktus Susanto

Apabila kita berjalan-jalan di sepanjang jalan di pusat-pusat kota di Indonesia, sudah dapat dipastikan kita akan dapat menikmati pemandangan sejuta iklan yang "menghiasi" pusat kota tersebut. Para produsen berlomba-lomba memasang iklan di jalan.

Kadang kita tak peduli dengan maraknya papan reklame tersebut, sampai akhirnya musibah menimpa saudara-saudara kita akibat kejatuhan papan reklame. Kecelakaan akibat jatuhnya papan reklame mungkin sering kita dengar, tapi apakah hanya itu dampak pemasangan papan reklame yang seolah tak terkendali itu?

Menurut saya, pemasangan papan reklame di sepanjang jalan, baik yang membentang maupun yang berada di tepi jalan, harus mulai diatur dengan baik. Memang, jalan merupakan salah satu tempat yang paling strategis untuk memasang iklan. Setiap harinya berjuta orang melewati jalan raya, dan itu yang diharapkan oleh para pemasang iklan, semua orang akan melihat tampilan iklan yang dipasangnya. Selain itu salah satu sumber pendapatan daerah yang sangat besat adalah dari pemasangan papan-papan reklame ini.

Jalan raya pada hakekatnya adalah suatu prasarana untuk mengalirkan lalu lintas dan dibangun agar lalu lintas dapat mengalir dengan cepat, aman, dan nyaman. Para ahli jalan raya dan lalu lintas dengan susah payah memikirkan agar jalan raya tersebut dapat digunakan sebagaimana fungsinya, namun di sisi lain keberadaan jalan raya ini dimanfaatkan untuk mengambil keuntungan di luar fungsi jalan di atas. Disadari atau tidak, pemasangan papan-papan reklame justru dapat mengurangi fungsi jalan, antara lain :
  1. Papan reklame selalu diusahakan agar semenarik mungkin dan eye catching, sehingga orang-orang akan tertarik untuk memandang papan tersebut. Hal ini akan dapat membahayakan pengemudi, karena mungkin saja para pengemudi juga tertarik untuk melihat iklan tersebut dan mengurangi konsentrasi mengemudinya.
  2. Beberapa papan reklame dipasang sangat dekat dengan rambu, bahkan sampai menutup rambu pada jarak pandang rambu. Pengemudi akan cenderung melihat ke papan reklame yang indah daripada rambu yang seharusnya mereka perhatikan.
  3. Tiang-tiang papan reklame yang dipasang pada bahu-bahu jalan akan mengurangi kebebasan samping bagi para pengemudi, Jalan menjadi terkesan lebih sempit dan pengemudi akan mengurangi laju kendaraannya. Hal ini bertentangan dengan tujuan pembangunan jalan raya tersebut yaitu agar lalu lintas dapat mengalir dengan lancar.

Mungkin masih ada beberapa dampak yang mungkin dapat ditimbulkan dari pemasangan papan-papan reklame ini, namun beberapa hal yang saya ungkapkan di atas dapat menjdai perhatian agar para pemasang papan reklame juga memperhatikan keselamatan bagi para pengguna jalan raya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar